WU: Antara di Bank dan di Kantor Pos

Minggu, Agustus 02, 2009 ·

Kehadiran Western Union (WU) sebagai metode pembayaran yg dilakukan oleh google rupanya menjadi angin segar bagi para publisher adsense. Jelas saja, memang jauh lebih enak pake WU jika dibandingkan pembayaran lewat cek yang butuh waktu lebih lama (pengiriman dan pencairan), prosesnya kadang ribet, dan potongannya lumayan gede (tergantung masing-masing bank).

Diantara kemudahan WU adalah kantor pelayanannya yang sudah tersebar dimana-mana, baik di bank-bank maupun kantor pos, baik di pedesaan maupun perkotaan. Adakah perbedaan antara pengambilan uang yg dilakukan di bank dan di kantor pos?

Ya, jika kita memilih untuk mengambil uang di bank maka diantara persyaratannya adalah menyerahkan matere; sementara di kantor pos tanpa matere alias cukup mengisi formulir, menunjukkan KTP asli dan menyerahkan fotocopy KTP.

Perbedaan lainnya adalah jika kita mengambil uang di bank, kita bisa meminta untuk mentransfer ke rekening yg kita miliki; sementara di kantor pos uang diserahkan secara langsung sesuai dengan nominal uang yg dicairkan. Jadi mana pilihan yg lebih enak? keduanya sama-sama enak (ya iyalah ambil uang gitu loh, he-he).

Namun ada yg perlu diperhatikan, jika kita mengambil uang dalam jumlah yg relatif besar alangkah baiknya mengambilnya di bank; terutama jika anda hawatir ada orang yg membuntuti anda dan diam-diam ingin berbuat jahat pada anda.

Namun jika dalam jumlah yg kecil seperti saya :-) bisa mengambilnya di kantor pos. Meski begitu jangan lupa untuk mengeceknya lagi sebelum uang anda bawa pulang karena kadang pegawainya kurang jeli dalam menghitung uangnya. Seperti yg pernah terjadi pada saya, saat saya hitung lagi di rumah kok ternyata kurang jumlahnya, he3.

Oya, perlu diketahui oleh para Adsenser bahwa dolar yg kita cairkan itu harganya sesuai dengan nilai tukar rupiyah pada saat pengiriman (bukan ketika uang kita diambil). Jadi mau diambil kapan saja, harga nilai tukarnya akan sama saja.

Potongannya (biaya pengiriman) sekitar 2 sen ( -+ Rp. 200,-) dari setiap 1 dolar. Jadi, jika kita mencairkan uang 100 dolar berarti potongannya adalah sekitar 20 ribu. Saya kira cukup murah, jika dibanding dengan pelayanan yg begitu cepat dan tidak ribet.

Tentang This Blog

Photobucket

Just Blogging: Sekedar coretan asal dan asal corat coret :-)

Apdated Blogs